Panduan Membeli Mesin Kasir Berkualitas

Usaha di sektor Ritel banyak bidangnya mulai bidang eceran seperti mini market, toko kelontong, fashion store, toko toko jenis lainnya. Pemakai Mesin Kasir atau Cash register tidak terbatas di sektor itu saja, bisnis pelayanan/ hospitality seperti Cafe , Restaurant, Hotel, Pujasera, Salon, Bengkel, dan jasa jasa lainya juga memerlukan Mesin kasir baik yang berbasiskan Electronic Cash Register maupun Point of Sale (POS System).


 Ada beberapa perbedaan secara sistem dan spesifikasi Mesin Kasir di dua sektor ini, untuk di sektor ritel biasanya dibutuhkan mesin kasir yang mengutamakan pada kecepatan pelayanan, oleh karenanya biasanya untuk sektor ritel saat ini pada umumnya dilengkapi dengan barcode scanner juga magnetic card reader (MCR). Karena penginputan kode secara manual dengan menggunakan keyboard akan memakan waktu yang lama sekali. Seperti kita ketahui juga sebagian besar barang pabrikan (manufacture) umumnya sudah memiliki barcode di packing (kemasannya).

 Mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register/ECR) sebetulnya yang tipe menengah keatas memungkinkan penggunaan barcode scanner karena dilengkapi fitur tersebut dan umumnya memiliki (PLU) price looks up dengan kapasitas besar 5000 an PLU lebih baik standar maupun yang sudah di upgrade RAM nya. Namun konfigurasi dari mesin kasir elektronik biasanya membutuhkan Master khusus untuk bisa kerja jaringan dalam konfigurasi R to R (register to register) pemasangannya lebih rumit dibandingkan LAN untuk sistem komputer Point of Sale .

Oleh karenanya apabila Anda membutuhkan konfigurasi yang mengacu pada kapasitas item yang besar sebaiknya pilihan Anda adalah POS (Point of Sale) atau PC Base bukan cash register elektronik. Untuk mengupas lebih lanjut dari tips memilih Mesin Kasir POS mungkin perlu satu sesi tersendiri (di sesi lain) mungkin kali ini kita fokuskan pada Mesin Kasir Elektronik dulu, Mesin Kasir Elektronik ada beberapa jenis bila dilihat dari sisi pencetaknya (printernya) ada tipe drum printer biasanya tipe ini hanya mengeluarkan hasil cetak berupa kode angka saja, yang kedua dot matriks untuk tipe ini hasil cetaknya bisa mengeluarkan huruf selain angka. Untuk yang ketiga thermal seperti halnya dot matrik bisa mengeluarkan informasi kode dan huruf, namun kalau thermal dalam proses pencetakan (printingnya) tidak bersuara dan cepat sekali. bersambung ke bagian 2..........

(Sumber)